Kelas 3 SD Muhammadiyah Palur belajar nilai mata uang dengan media kontekstual
SUKOHARJO – Kamis, 15 Agustus 2024 kelas 3 SD Muhammadiyah Palur belajar nilai mata uang dengan media kontekstual yaitu uang asli. Menurut wali kelas 3B Assifa Fadila pembelajaran menggunakan media uang ini bisa menarik perhatian dan minat siswa serta bisa membuat siswa lebih paham akan materi yang disampaikan.
“Dalam pembelajaran kali ini kami mencoba permainan jual beli. Tentu saja tidak sulit untuk siswa, karena mereka seringkali melakukan hal tersebut di rumah utamanya di kantin koperasi seklah.” Ujarnya Bu Sifa sapaan akrabnya.
Menurutnya, dengan permainan jual beli ini adalah langkah yang paling efektif untuk pembelajaran matematika tentang nilai dan kesetaraan mata uang di kelas 3.
Nampak para siswa terlihat antusias dengan materi yang disampaikan dalam proses mengikuti pembelajaran, hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang berebut untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
Setelah dijelaskan tentang nilai dan kesetaraan nilai mata uang, pemahaman siswa lebih cepat meningkat karena mereka sudah melakukan sendiri dalam permainan tersebut.
Dalam permaianan ini guru memberikan uang 2.000, 5.000, 10.000, dan 20.000. 1 anak berperan sebagai penjual, dan 1 lainnya sebagai pembeli. Guru memberikan harga jualnya, lalu penjual akan menentukan berapa uang kembalian yang harus diberikan kepada pembeli. Tentu saja pembeli membayar dengan uang pecahan yang lebih besar dari harga jualnya.
Lubna salah satu siswa menyampaikan keseruannya mengikuti pembelajaran “Pelajarannya jadi lebih mudah dan asyik, senang bisa main uang sambil belajar”.
Harapan guru Siswa dapat memahami pecahan uang, kesetaraan nilai pecahan uang dan bisa menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan uang.
Penulis: Assifa fadila, S.Pd
Editor: Choerul Anam, S.Pd.I