Berbicara merupakan sebuah ketrampilan yang bisa dilakukan oleh siapapun. Tetapi tidak semua pembicaraan itu mempunyai makna atau value yang berarti untuk pembicara ataupun pemirsa.
Melalui kegiatan Presentasi Proses Pencernaan Pada Manusia, siswa siswi kelas 6D berlatih kemampuan berbicara yang terstruktur dan bermakna secara bergantian melalui kerjasama kelompok.
Sebagai kegiatan awal mereka membuat alat peraga sebagai sarana untuk menjelaskan urutan proses pencernaan pada manusia. Selanjutnya mereka membagi tugas untuk menjelaskan fungsi organ tubuh yang berperan dalam proses pencernaan. Dalam kegiatan presentasi ini ternyata mereka begitu kreatif membuat alat peraga dan merangkai kalimat sehingga mudah dipahami oleh teman sebaya mereka.
Sebagai apresiasi atas kreativitas mereka, Wahyuti selaku guru kelas memajang karya sekaligus alat peraga mereka di mading kelas.
Memang tidak semua siswa mampu menyampaikan pesan secara jelas didepan kelas, tapi setidaknya mereka sudah memiliki keberanian untuk tampil didepan kelas menyampaikan pemahaman secara terbuka tentang sistem pencernaan yang jelas jelas menjadi bagian hidup dan rutinitas sehari-hari mereka. Hingga akhirnya merekapun mampu memilih dan memilah makanan yang bagaiman seharusnya mereka konsumsi agar sistem pencernaan dalam tubuhnya tetap dalam kondisi baik dan sehat.
Kontributor: Wahyuti, S.Pd